Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Murung Raya Perbolehkan Salat Idul Adha di Masjid, ini Ketentuannya

  • Oleh Trisno
  • 15 Juli 2021 - 20:35 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu -  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Murung Raya (Mura) melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Forkompinda dan Lintas Agama dalam rangka pelaksanaan menyambut Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah.

Rapat dipimpin Wakil Bupati Mura, Rejikinoor dihadiri Kapolres Mura, AKBP I Gede Putu Widyana, Sekda, Hermon, Kepala Kemenag, H. Marzuki Rahman, Danramil 07 Puruk Cahu, Lettu M. Saroni, Ketua MUI, Ustadz Karsihadi, Pengurus Panitia Hari Besar Islam (PHBI) serta seluruh pengurus organisasi keagamaan lainnya yang berlangsung di Gedung B Kantor Bupati Mura, Rabu (14/7).

Wakil Bupati Mura, Rejikinoor mengatakan, tujuan Rakor adalah bersama-sama menyepakati apa yang menjadi rambu-rambu untuk pelaksanaan salat Idul Adha di masjid di masa pandemi.

"Supaya pelaksanaan Salat Idul Adha yang dilaksanakan dalam masa pandemi Covid-19 ini betul-betul aman, lancar dan penuh kekhusyuan. Agar masyarakat terlindungi dengan unsur-unsur keamanan dalam melaksanakan ibadah," tuturnya.

Oleh karena itu, dengan dilaksanakannya Rakor tersebut tidak lain untuk menyatukan kesepakatan. Sehingga, dapat merumuskan yang terbaik untuk masyarakat yang melaksanakan Salat Idul Adha.

Dikatakan Wabup, dalam pelaksanaan salat Idul Adha ada ketentuan yang harus ditaati, yakni wajib menyediakan di antaranya alat pengukur suhu tubuh, menyediakan hand sanitizer dan sarana mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir, menyediakan masker medis, mengatur jarak antar shaf dan antar jamaah minimal satu meter.

Selanjutnya, jamaah membawa perlengkapan shalat masing-masing, memakai masker, menghindari kontak fisik dan lainnya. Karena pandemi Covid-19, masih menjadi ancaman bagi masyarakat.

"Nantinya juga dibantu dari TNI-Polri untuk pengamanan saat pelaksanaan Shalat. Mudahan-mudahan dengan konsep ini pelaksanaan shalat Idul Adha dapat berjalan dengan baik sesuai yang kami harapkan," pungkas orang nomor dua di Bumi Tana Malai Tolung Lingu itu. (trs)

Berita Terbaru